Tutorial V60 Pakai Kopi Goa Lengkowa dari Kopi Spectrum

SaveSavedRemoved 0

Metode V60 termasuk manual brew karena seluruh proses penyeduhan kopi dilakukan dengan tenaga atau tangan manusia. Teknik manual brew sendiri memiliki bermacam-macam tipe berdasarkan proses ekstrak kopinya. V60 ini termasuk dalam kategori pour over, yaitu penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada bubuk kopi di atas filter.

Cara seduh kopi V60 sebenarnya lahir karena diciptakannya alat seduh atau biasa disebut dripper pada tahun 2004 silamPenciptanya adalah perusahaan asal Tokyo, Jepang bernama Hario. Nama V60 dipilih karena bentuknya menyerupai huruf “v” dengan sudut 60°.

Metode seduh kopi ini berpangkal pada tetes demi tetes bubuk kopi yang diseduh perlahan. Untuk itu, V60 membutuhkan kertas penyaring atau filter.

Oleh karena cara membuat kopi V60 mengandalkan seduhan yang perlahan, gunakan ketel leher angsa atau gooseneck kettle agar penuangan air bisa konstan. Jika Anda tidak memilikinya, bisa gunakan ketel lain asalkan lehernya menyempit sehingga air dapat tertuang secara konstan dan perlahan.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah timbangan. Alat ini bisa memberikan takaran lebih akurat daripada hanya mengira-ngira saja.

Pertama, Siapkan dahulu 15 gram biji kopi dan giling ukuran kasar. Siapkan pula air panas bersuhu kira-kira 90 °C. Jika Anda tidak punya termometer, diamkan air yang telah mendidih selama kurang lebih dua menit.

Berikut cara membuat kopi V60 Ala Kopi Spectrum :

  1. Siapkan gelas dengan V60 dripper dan filter di atasnya.
  2. Basahi filter dengan air panas, dan buang air bekasnya.
  3. Masukkan bubuk kopi pada dripper.
  4. Seduh dengan gerakan memutar secara konstan dan perlahan.
  5. Tuangan pertama untuk blooming, proses mengeluarkan karbondioksida. Tuang hingga timbangan menunjukkan 30 ml, tunggu 45 detik.
  6. Tuangan kedua untuk mendapatkan keasaman. Tuang hingga 80 ml, tunggu 45 detik.
  7. Tuangan ketiga untuk mendapat body. Tuang hingga 150 ml, tunggu 30 detik.
  8. Tuangan terakhir, hingga 195 ml.
  9. Sebelum tetesan berhenti, angkat agar seduhan yang terakhir tidak ikut tercampur.
Tutorial V60 Pakai Kopi Goa Lengkowa dari Kopi Spectrum
Tutorial V60 Pakai Kopi Goa Lengkowa dari Kopi Spectrum
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0