Teknik Syphon Dalam Membuat Kopi, Sudah Tau?

SaveSavedRemoved 0

Mungkin bagi sebagian orang metode seduh syphon tidak asing, tapi karena teknik syphon tidak sepopuler metode seduh V60, French Press, Aero press dan lainnya, jadi tak banyak yang mengenal.

Agar pengetahuan tentang ragam metode seduh kopi kalian semakin kaya, akan lebih lengkap jika memahami teknik seduh syphon ini yang memang punya teknik tersendiri.

Metode syphon merupakan metode penyeduhan kopi asal Jepang. Alat syphon atau syphone coffee maker punya bentuk yang cukup unik. Terlihat seperti dua tabung kimia yang disatukan lalu di bagian tengahnya terdapat filter untuk memisahkan antara kopi dan ampasnya.

Mari mengenal teknik syphon!

Saat ini syphone maker tak lagi manual sehingga membutuhkan kemampuan khusus untuk mengoperasikannya. Alat seduh ini beredar di pasaran dengan bentuk unik dan tak banyak pecinta kopi yang menyukai meracik memakai alat ini.

Kebanyakan malah memiliki alat ini hanya untuk dipajang pada display coffee shop atau sebagai koleksi di rumah saja.

Padahal jika mau sedikit meluangkan waktu untuk mengetahui lebih dalam cara menggunakan syphon coffee maker, kalian bisa membuat kopi dengan alat yang sebenarnya menyenangkan ini.

Syphone coffee maker terdiri dari dua tabung dengan fungsi yang berbeda. Tabung pertama untuk menampung bubuk kopi sedangkan tabung kedua untuk menampung air.

Credit Image: coffeegeek.com

Bagaimana cara kerja syphon?

Tidak bisa dikatakan susah tapi tak juga mudah. Tabung pertama pada alat seduh ini berisi air yang dipanaskan menggunakan kompor spirtus di bagian bawah tabung.

Ketika air mendidih, air tersebut akan tertekan hingga berpindah ke tabung kedua dan meninggalkan tabung pertama kosong dari air.

Saat air berpindah ke tabung kedua, bubuk kopi dicampurkan dengan air lalu aduk hingga rata. Kemudian, kompor spirtus dimatikan, secara otomatis saringan akan bekerja dan air yang bercampur bubuk kopi akan mengalir ke tabung pertama dan tersaring sampai tabung kedua tak lagi menyisakan kopi.

Terdengar cukup mudah bukan? Akibat tampilannya yang unik membuat syphon ini nampak jadi alat yang sulit digunakan. Padahal alat seduh kopi buatan jepang ini mampu menghasilkan kopi dengan rasa nikmat tanpa ampas.

Sayangnya, alat seduh dengan teknik syphon ini sedikit sulit dicari, karena kurangnya peminat penyeduh kopi dengan alat ini, jika ada kisaran harga syphon coffee maker kurang lebih Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

Ada banyak jenis syphon coffee maker, mulai dari syphon coffee maker dengan pemanas dari kompor spirtus hingga dari listrik.

Bagaimana menurut kalian teknik syphon di atas? semoga menjadi pengetahuan baru yang memperkaya wawasan kalian tentang kopi.

Teknik Syphon Dalam Membuat Kopi, Sudah Tau?
Teknik Syphon Dalam Membuat Kopi, Sudah Tau?
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0