Punya Moka Pot? Ini Takaran Kopi yang Tepat

SaveSavedRemoved 0

Sebelumnya sempat membahas tentang cara membersihkan moka pot, saat ini kita bahas soal berapa gram takaran kopi untuk moka pot yang tepat!

Takaran kopi untuk sajian moka pot, memang tergantung dari kapasitas dari alat moka pot itu sendiri. Tapi sebenarnya ada tips agar hasil seduhan dari moka pot mengeluarkan cita rasa yang pas.

Pada dasarnya proses sajian moka pot itu hasil dari didihan air seduhan yang dipanaskan sehingga air akan melalui bubuk kopi. Ekstraksi kopi akan terjadi saat air melalui bubuk kopi dalam wadah tengah dan hasil ekstraksi melalui lubang di wadah bagian atasnya.

Secara singkat konsep seduhan moka pot itu mudah untuk dipahami, kemudian yang jadi pertanyaan bagaimana cara membuat sajian dari moka pot terasa nikmat?

Perhatikan tips dan takaran kopi untuk moka pot!

Credit Image: lifeandthyme.com

Sejumlah orang percaya, moka pot mampu menghasilkan sajian kopi yang diinginkan, tetapi sebagian orang juga punya pengalaman seduh berbeda.

Menurut mereka membuat sajian kopi dengan moka pot itu sulit, karena karakter rasa yang tertinggal hanya rasa pahit. Jadi kemungkinan biji kopi yang digunakannya tidak segar atau cara seduhnya yang berbeda.

Faktanya, saat seluruh air seduhan sudah jadi sajian kopi dalam wadah bagian atas moka pot, dan kompor telah dimatikan, tapi proses pemanasan masih berlanjut.

Jadi tips untuk menghentikan suhu yang masih panas dalam alat moka pot dengan cara kalian alirkan air suhu normal pada bagian luar wadah bawah moka pot.

Maka, hal itu bisa memicu suhu alat moka pot menurun, dan sajian kopi dalam moka pot berhenti dipanaskan. Hasil akhir dari ekstraksi kopi jadi tidak terpengaruh dengan kesan rasa gosong atau pun pahit akibat suhu alat moka pot yang masih panas. Kebanyakan alat moka pot terbuat dari stainless steel, dan penghantar panas yang cepat.

Bagaimana menyeduh kopi di moka pot?

Credit Image: res.cloudinary.com

Pertama kalian siapkan bubuk kopi gilingan halus dan masukkan ke corong moka pot (funnel) hingga penuh, jangan ditekan tapi cukup diratakan saja.

Lalu, corong berisi bubuk kopi dipasang ke wadah air seduhan, yang telah diisi air. Umumnya, air yang dimasukkan ke moka pot adalah air yang telah dipanaskan, jadi tidak perlu waktu lama saat dididihkan.

Beberapa orang percaya, penyebab rasa pahit dari hasil sajian moka pot akibat memasak air dari suhu normal, hal itu menyebabkan bubuk kopi yang ada di corong memanas dan melepaskan senyawa rasa dan aroma.

Takaran bubuk untuk moka pot telah disesuaikan saat alat moka pot diproduksi. Maka cara membuat kopi dengan moka pot sangat mudah, tanpa menimbang biji kopi. Namun agar lebih jelas berapa gram yang digunakan dalam moka pot, usai ditakar dengan corong, timbang berapa gram yang digunakan.

Kapasitas Sajian Moka Pot           Air Seduhan (ml)              Biji Kopi (gr)

1 cangkir                                            60                                        4

2 cangkir                                           200                                      12

6 cangkir                                           300                                      18

9 cangkir                                           550                                      33

12 cangkir                                          775                                      47

Jumlah tersebut dikutip dari whitehorsecoffee.com.au. Tentu kalian punya takaran favorit masing-masing untuk sajian kopi moka pot di rumah. Jadi jika kalian baru menggunakan moka pot, takaran kopi untuk moka pot di atas bisa kalian jadikan pandunan untuk menyeduh kopi!

Punya Moka Pot? Ini Takaran Kopi yang Tepat
Punya Moka Pot? Ini Takaran Kopi yang Tepat
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0