Resiko Buruk Kopi Bagi Anak, Ada yang Belum Tahu?

SaveSavedRemoved 0

Apa kalian pernah mendengar bahwa kopi adalah minuman yang bermanfaat bagi anak? Sebaiknya kalian hindari resiko buruk kopi bagi anak ini, agar tidak membahayakan!

Sebagian orang percaya kopi bisa menangani step pada anak, padahal manfaat itu masih diragukan dan justru kopi punya pengaruh yang cukup buruk bagi anak.

Kopi memang memberi beberapa dampak pada orang dewasa seperti jantung berdebar, juga gangguan pencernaan dan lainnya bila dikonsumsi secara sembarangan dan hal itu juga bisa terjadi pada anak-anak.

Kopi memberi efek rileks pada orang dewasa, tapi tak berlaku pada anak kecil terutama yang masih balita. Walau efek buruknya tak separah narkoba atau minuman beralkohol, tapi tetap ada beberapa resiko buruk yang dapat diterima oleh anak-anak usai minum kopi.

Kafein pada kopi

Resiko buruk yang pertama tentu kandungan kafein yang memberi efek segar seketika bila dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun, kondisi ini akan berbeda jika anak-anak yang mengonsumnya.

Bila kopi diberikan pada anak maka kafein bisa membuat mereka sakit kepala, gangguan tidur, sakit perut juga perubahan suasana hati yang tak beraturan. Jangan sampai anak yang sehat malah jadi sakit hanya karena terlalu dini memperkenalkan pada kopi.

Nol kalori

Bukan hanya kafein yang memberi efek buruk bagi kondisi kesehatan anak, ternyata kopi yang tak mengandung kalori justru membuat anak jadi tidak nafsu makan dan tidak selera minum susu.

Tentu hal ini akan membuat anak jadi kekurangan nutrisi karena tidak ada asupan makanan bergizi ke dalam tubuhnya. Jangan sampai hal ini terjadi, karena anak masih butuh banyak nutrisi untuk pertumbuhannya.

Credit Image: parentology.com

Menyerap zat besi

Bagi ibu menyusui, kafein mampu menyerap zat besi yang ada pada ASI, sedangkan zat besi sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak balita. Sementara pada anak, kafein dapat menyerap zat besi di dalam tubuhnya dan mampu menganggu pertumbuhan anak.

Zat besi berperan dalam pertumbuhan tulang juga organ lainnya sehingga bila anak kekurangan zat ini dipastikan akan jadi terhambat pertumbuhan tinggi dan lainnya.

Masalah mulut dan gigi

Resiko buruk lainnya dari kopi jika dikonsumsi oleh anak-anak adalah dapat mengganggu pertumbuhan gigi si kecil karena kekurangan zat besi juga menimbulkan masalah mulut seperti rusaknya gusi.

Kopi memang memberi manfaat bagi orang dewasa seperti meningkatnya konsentrasi,mencegah diabetes, menurunkan resiko alzheimer dan lainnya. Tapi bagi anak manfaat itu hampir tidak ada sama sekali.

Kopi yang menyerap zat besi mampu membuat gigi anak yang masih rapuh jadi keropos, ditambah kopi yang diberi campuran gula akan membuat gigi semakin rusak. Jadi sebaiknya hindari anak mengonsumsi kopi.

Bila kalian memang ingin memperkenalkan kopi pada anak, maka sebaiknya tunggu hingga usia anak mencapai 6 tahun disaat sistem pencernaannya lebih kuat, itupun pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

Semoga sejumlah pembahasan resiko buruk kopi bagi anak di atas bisa membantu kalian, agar tidak sembarangan memberikan kopi pada anak.

Resiko Buruk Kopi Bagi Anak, Ada yang Belum Tahu?
Resiko Buruk Kopi Bagi Anak, Ada yang Belum Tahu?
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0