Rahasia Kopi Nikmat Ala Barista, Mau Tahu?

SaveSavedRemoved 0

Setiap kalian melihat barista pasti terlintas pertanyaan, bagaimana mereka membuat kopi nikmat yang jadi favorit banyak orang. Ternyata ada rahasia kopi nikmat ala barista yang kalian bisa simak!

Kopi dibuat tidak hanya dengan sekedar intuisi semata, melainkan hasil dari perjalanan pengalaman seseorang mengeksplorasi rasa dan melatih gaya seduh kopi mereka.

Memang membuat sajian kopi yang nikmat tidak mudah, tapi bukan berarti membuat sajian kopi perlu lulus perkuliahan kimia. Kalian cukup memahami tentang ekstraksi kopi mungkin bisa mengubah cara seduh kopi yang selama ini keliru.

Cara seduh kopi yang hanya mengandalkan intuisi tidak pernah menciptakan hasil seduh yang diinginkan. Pernah tidak bertanya, kenapa hasil seduhan kopi di rumah bisa berbeda dengan di kedai kopi, padahal biji kopi dan alat kopi yang digunakan sama?

Secara garis besar ekstraksi kopi yang sempurnalah yang menghasilkan karakter rasa nikmat pada secangkir kopi dengan meliputi beberapa hal rahasianya di bawah ini seperti dihimpun dari coastalcoffeeroasters.com “What Happens When You Brew Coffee”.

Rasio kopi dan air

Rahasia paling utama para barista adalah perbandingan gramasi biji kopi dengan volume air seduhan. Kedua bahan tersebut punya peran penting, maka rasio yang disarankan oleh Specialty Coffee Association (SCA) adalah, 1:15 yaitu 1 gram biji kopi untuk 15 mililiter air seduhan.

Credit Image: kopitop.com

Gilingan kopi

Rahasia selanjutnya berkaitan dengan hasil gilingan biji kopi kalian. Pasalnya, semakin halus biji kopi yang digiling akan memberikan banyak permukaan untuk air seduhan menyentuh tiap butir-butir kopi, sebaliknya semakin kasar akan sedikit permukaan untuk air seduhan menyentuh butir-butir kopi.

Bahkan setiap alat kopi memerlukan ukuran gilingan kopi yang sesuai untuk hasilkan rasa kopi yang nikmat.

Suhu air panas

Setelah itu, perhatikan suhu air yang digunakan, optimalnya untuk ekstraksi kopi adalah sekitar 90-96 derajat Celsius. Untuk menemukan suhu yang tepat pada metode seduh tertentu, kalian perlu melakukan pendekatan terkait ukuran gilingan biji kopi dan paham konsep alat kopi yang digunakan.

Credit Image: vulcanresources.com.au

Durasi seduhan

Seberapa lama air seduhan bertemu dengan bubuk kopi pada satu waktu juga bisa memengaruhi rasa kopi. Tentu semakin cepat durasi membuat kopi, akan semakin cepat juga waktu ekstraksi kopi dan sebaliknya.

Tapi, perlu diingat alat kopi yang digunakan berbeda tentu akan berbeda pula durasi proses seduh yang dibutuhkan.

Agitasi

Mengaduk bubuk kopi selama proses seduh memberi sedikit waktu untuk air panas lebih optimal mengeluarkan senyawa rasa. Umumnya dilakukan pada metode seduh perendaman seperti french press untuk lebih mengoptimalkan ekstraksi kopi dan pada metode seduh kopi drip, air panas yang dituang ke bubuk kopi menciptakan agitasi.

Nah, dari semua rahasia di atas tersebutlah barista sering memanipulasi karakter rasa yang tercipta dari sajian kopi, dan menyesuaikan dengan alat kopi yang digunakan.

Tetapi ada hal lain yang bisa memengaruhi kualitas sajian kopi antara lain, kualitas air yang digunakan, kualitas biji kopi yang digunakan serta kebersihan alat kopi yang digunakan.

Memang terlihat sulit, tapi dengan pengalaman menyeduh kopi secara rutin kalian bisa menguasai rahasia kopi nikmat ala barista seperti di atas!

Rahasia Kopi Nikmat Ala Barista, Mau Tahu?
Rahasia Kopi Nikmat Ala Barista, Mau Tahu?
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0