Para Pelari Perlu Tahu Manfaat Kafein Kopi Ini!

SaveSavedRemoved 0

Bagi kalian yang hobi jogging untuk menjaga kesehatan tubuh, rasanya kalian perlu coba meneguk kopi sebelum berlari, ada sejumlah manfaat kafein kopi bagi para pelari yang bisa kalian buktikan!

Memang bukan hal yang baru, bahwa kandungan kafein kopi mampu mengoptimalkan aktifitas olahraga, tapi hal tersebut masih jadi isu yang kerap diperbincangkan di kalangan pelari, baik atlit mau pun mereka yang hanya hobi berolahraga lari.

Banyak penelitian menjelaskan manfaat kafein untuk kegiatan olahraga aerobik seperti berlari. Dalam jumlah atau takaran yang sesuai, meminum kopi sebelum berolahraga membuat pengaruh positif, mulai dari daya tahan tubuh untuk durasi berolahraga sampai memaksimalkan manfaat olahraga tersebut untuk tubuh.

Pada awalnya minuman dengan kandungan kafein seperti kopi, cukup dihindari sebelum berolahraga karena bisa memicu percepatan urinasi dalam tubuh.

Padahal tidak hanya minuman berkafein, minuman non kafein juga memicu diuretik pada kadar yang berlebih. Hal ini disebabkan saat berolaraga, kerja otot serta organ lainnya memerlukan banyak asupan, mulai dari cairan tubuh dan kandungan lain.

Maka lebih baik jika tidak minum terlalu berlebihan saat akan berolahraga, secukupnya saja sesuai kebutuhan asupan untuk persiapan berolahraga.

Seperti yang telah dijelaskan, memncukupi kebutuhan kafein untuk tubuh sebelum berolahraga juga tidak perlu terlalu banyak agar manfaat kafein saat olahraga terpenuhi dan tidak mengganggu kegiatan berolahraga.

Apa fokus manfaat kafein kopi bagi para pelari?

Mengurangi nyeri otot

Pada salah satu temuan menurut realbuzz.com menjelaskan kafein yang terkandung dalam kopi membantu mengurangi nyeri otot yang kerap dialami saat berolahraga.

Penelitian tersebut melibatkan para pesepeda yang diberi tugas bersepeda selama 30 menit pada dua hari terpisah. Intensitas latihan sengaja membuat otot paha kelelahan agar mengalami nyeri otot.

Faktanya, pesepeda yang meminum pil kafein satu jam sebelum latihan mengaku nyeri otot tidak terlalu sakit dibanding para pesepeda yang tidak mengkonsumsi kafein.

Para peneliti dari Universitas Georgia pun melakukan studi pada para pesepeda, kesimpulannya kafein mampu mengurangi nyeri otot saat latihan bersepeda. Maka bukan tidak mungkin hal tersebut juga bekerja bagi para pelari.

Credit Image: simplifaster.com

Meningkatkan pembakaran lemak

Selain soal nyeri otot, beberapa penelitian juga mengungkapkan, kafein memberi tenaga ekstra saat berolahraga. Sebuah penelitian yang dilakukan tim Institusi Olahraga Australia, melibatkan para pesepeda menguji efek kafein.

Terungkap, kafein mampu memicu kerja otot untuk menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi dibanding kandungan gula dalam tubuh.

Pesepeda diberi minum cola dan sebagian lagi kopi ketika bersepeda, ternyata yang mampu mengayuh lebih lama peminum kedua minuman tersebut dibanding pesepeda yang hanya minum air mineral.

Hal tersebut menjelaskan, kafein juga mampu meningkatkan kinerja para pelari dan memaksimalkan hasil akhir dari aktifitas lari tersebut.

Bahkan penelitian lain menjelaskan tentang pemanfaatan kafein saat berolahraga dan mampu menunda perasaan lelah sampai 60 persen.

Memang kafein bisa didapatkan dari banyak sumber, namun jauh lebih nikmat jika mengambil manfaat kafein dari kopi yang diseduh sendiri.

Tidak hanya meningkatkan kinerja selama olahraga, kafein juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi serta pikiran yag lebih jernih.

Kandungan kafein pada kopi justru akan lebih jelas pengaruhnya pada pelari yang bukan penikmat kopi. Pasalnya, khasiat dari kafein pada kopi akan jelas terasa dan efek bagi setiap tubuh orang berbeda.

Tetapi, sebelum mencoba minum kafein kopi, sebaiknya kalian kenali daya serap tubuh terhadap sajian kopi, sehingga tidak menyebabkan efek yang justru mengganggu aktifitas olahraga kalian.

Pada saat bersepeda, berlari atau melakukan olahraga aerobik lainnya maksimalkan hasil akhir latihan dengan kafein kopi. Tapi, pada ajang kompetisi olahraga aerobik, minuman berkafein tidak akan disediakan pihak penyelenggara.

Jadi setelah kalian tahu manfaat kafein kopi bagi para pelari di atas, pernahkah kalian mencobanya sebelum berolahraga?

Para Pelari Perlu Tahu Manfaat Kafein Kopi Ini!
Para Pelari Perlu Tahu Manfaat Kafein Kopi Ini!
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0