Kopi Pemula: Apa itu Milk Frother?

SaveSavedRemoved 0

Mencicipi secangkir cappuccino, atau kopi milk based coffee lainnya pasti sudah pernah dan membahas alat kopi sudah terlalu sering. Mari sekarang pelajari apa itu milk frother salah satu alat untuk susu yang dicampurkan dalam kopi.

Rasa lembut akibat campuran susu yang ditambahkan pada espresso kalian itu dibuat tidak dengan sembarangan. Cappucino, mochacino serta latte yang berbahan dasar kopi espresso memang terasa pahit, espresso sendiri merupakan ekstrak kopi dengan rasa tebal dan pahit.

Namun tidak banyak yang menyukai kopi espresso dihidangkan secara murni, jadilah berkembang dengan ditambah campuran susu ke dalam sajian espresso maka jadilah cappucino, mochacino dan Latte.

Untuk jadi milk based coffee, espresso menggunakan susu steam dan busa susu atau milk froth. Alat steam susu mungkin sebelumnya sempat dibahas, lalu bagaimana dengan milk froth?

Sedikit tentang susu steam, susu yang digunakan haruslah susu segar. Lebih baik menggunakan susu skim atau whole milk? Perlu diketahui whole milk adalah susu yang masih utuh tanpa mengalami proses pemilahan antara lemak dan protein sedangkan susu skim adalah susu yang terdiri dari protein tinggi dengan kadar lemak yang hampir tidak ada.

Keduanya bisa digunakan hanya saja akan menghasilkan rasa yang berbeda. Bila menggunakan susu skim maka rasa dari cappucino akan lebih intens, namun tidak bertahan lama jadi harus segera dihabiskan.

Sedangkan jika menggunakan whole milk rasa dari cappucino tidak begitu intens namun rasanya bertahan lebih lama jadi bisa menikmatinya dengan santai.

Credit Image: reviewed-com-res.cloudinary.com

Apa bedanya dengan milk froth?

Seperti sudah disinggung di atas, membuat milk based coffee bisa dengan susu steam dan milk froth. Milk froth atau busa susu menghasilkan rasa lembut dan efek mengembang yang ada di permukaan minuman.

Susu yang digunakan untuk di-froth juga bisa apa saja, hanya saja teknik dalam membuat milk froth berbeda-beda agar menghasilkan busa susu yang banyak. Perlu diperhatikan seperti akan menggunakan susu apa, bagaimana cara frothing-nya hingga alat apa yang digunakan.

Apa itu milk frother?

Nah, untuk milk frother sendiri merupakan mesin pembuat busa susu. Untuk membuat busa susu atau milk froth disarankan menggunakan mesin milk frother otomatis.

Pasalnya, kalian tidak perlu melakukan hal-hal lain hanya cukup masukkan susu lalu tunggu beberapa saat mesin susu memproses hingga memiliki banyak busa dengan gelembung yang tidak begitu besar dan cocok dicampurkan jadi Cappucino serta Latte.

Jika sudah tahu apa itu milk frother, kalian bisa lebih mudah lagi membuat beragam sajian kopi dengan beragam alat-alat penunjangnya.

Kopi Pemula: Apa itu Milk Frother?
Kopi Pemula: Apa itu Milk Frother?
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0