Kawa Daun, Kopi Legend Khas Minang Terbuat dari Daun

SaveSavedRemoved 0

Jika umumnya kopi berasal dari biji kopi, cascara berasal dari kulit ceri kopi, maka ada kawa daun yang berasal dari daun kopi. Anda sudah pernah mencobanya?

Bagi masyarakat Sumatera Barat, ataupun wisatawan yang pernah berkunjung ke sana, minuman Kawa Daun tentu sudah tak asing lagi.

Minuman khas Minang, Kawa Daun atau Aia Kawa (air kopi) dibuat dari daun kopi yang disangrai selama 12 jam, sehingga menghasilkan warna hitam layaknya warna biji kopi.

Kopi kawa daun menarik minat pecinta kopi karena cita rasa yang berbeda dari kopi hitam biasa, bahan baku dan tampilannya juga menarik.

Maka tidak heran, jika meminumnya Anda tidak akan disuguhkan dengan gelas atau cangkir, tetapi menggunakan batok kelapa agar aroma lebih harum dan cita rasa kopi tetap terjaga.

Sejarah Kopi Daun Kawa

Menurut cerita yang beredar Kopi Kawa Daun ini telah dikenal masyarakat Minangkabau sejak ratusan tahun lalu dan hanya dinikmati kalangan bawah saja.

Pasalnya biji kopi yang mereka tanam harus dijual kepada Belanda, maka masyarakat yang ingin menikmati kopi hanya bisa menyeduh dengan daunnya saja.

Untuk mendapatkan kopi kawa daun yang nikmat, daun kopi dipilih yang terbaik. Jika sekarang, bisa ditambahkan gula sebagai pemanis, dulunya hanya menggunakan gula tebu yang di Sumatera Barat dikenal dengan sebutan saka.

Selanjutnya, kopi dituang ke dalam batok kelapa yang di bawahnya sudah di alas tengkak, berfungsi sebagai tatakan gelas agar tidak tumpah.

Bermanfaat untuk kesehatan

Kawa daun sebagai minuman khas orang Minang rupanya telah diteliti oleh peneliti dari Eropa terkait manfaatnya untuk kesehatan.

Menurut kalangan peneliti dan ahli nutrisi di Eropa telah menganalisis 23 spesies tanaman kopi. Mereka menemukan banyak manfaat kesehatan di dalam daun kopi.

Salah satunya kandungan anti oksidan dalam daun kopi ternyata lebih tinggi dari teh hitam dan teh hijau.

Tak hanya di Sumbar, nyatanya di Kerinci orang menyebutnya dengan Air Kawo. Minuman legenda ini, dihargai cukup terjangkau mulai dari Rp8 ribu hingga Rp20 ribu.

Kawa Daun, Kopi Legend Khas Minang Terbuat dari Daun
Kawa Daun, Kopi Legend Khas Minang Terbuat dari Daun
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0