Kata Siapa Buat Bar Kopi di Rumah Ribet? Ini Tips Simple-nya

SaveSavedRemoved 0

Penikmat kopi biasanya akan menciptakan dunia kopinya sendiri, salah satunya buat bar kopi di rumah. Ada tips buat bar kopi sendiri di rumah yang bisa kalian sontek!

Ritual minum kopi saat ini tidak perlu harus pergi jauh, meneguk seduhan kopi buatan sendiri juga tidak kalah menarik dari seduhan kedai kopi.

Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, paling aman tentu menghadirkan bar kopi sendiri di rumah. Tapi pasti bagi kalian yang baru suka ngopi, membuat bar sendiri rasanya sulit, tenang saja ada beberapa tips yang bisa kalian sontek kok dilansir dari yourhomeonlybetter.com “how to build coffee bar at home”.

Tips buat bar kopi sendiri gimana persiapannya?

Pertimbangkan ukuran meja bar kopi

Hal pertama untuk diperhatikan adalah seberapa lebar ukuran meja bar yang kalian butuhkan. Beda dengan meja bar di kedai kopi, bar di rumah tidak untuk meletakkan banyak persediaan di atasnya jadi buatlah meja bar yang sesederhana mungkin.

Pastikan kalian nyaman saat melakukan ritual seduh kopi di rumah. Jika kalian ingin meletakkan mesin espresso atau perlatan kopi lainnya bisa kalian sesuaikan seberapa kebutuhan luas meja bar kopi di rumah, agar punya cukup ruang.

Credit Image: squarespace-cdn.com

Rak minimalis untuk perlengkapan seduh

Setelah meja bar sudah ada, kalian perlu memerhatikan apakah perlu sebuah rak untuk merapikan perlengkapan seduh kalian? Meletakkan cangkir kopi, atau meletakkan alat kopi seperti french press, dripper dan lainnya itu juga penting, mengingkat ukuran rak juga harus disesuaikan.

Kebutuhan laci penyimpanan serba guna

Area bar kopi yang rapi tentu meningkatkan mood saat meminum kopi, agar terlihat lebih rapi, tentu meja bar perlu beberapa laci untuk menyimpan persediaan di dalamnya.

Misalnya untuk menyimpan syrup, biji kopi bahkan bisa untuk menyimpan perlatan kopi di dalamnya. Laci pada meja bar umumnya tidak hanya agar merapikan berbagai hal, tapi juga memudahkan ketika ingin mengakses bahan saat membuat sajian kopi favorit.

Akses sumber listrik

Pertimbangkan lainnya adalah dari arah mana sumber listrik untuk meja bar kopi kalian, karena beberapa peralatan kopi butuh sumber daya listrik dalam penggunaannya. Jangan biarkan kabel sumber daya listrik mengganggu proses seduh kopi kalian.

Credit Image: img.oola.com

Perlengkapan seduh kopi apa saja?

Tips buat bar kopi sendiri tidak lengkap jika kalian tidak tahu perlengkapan dan peralatan kopi apa saja yang dibutuhkan atau yang kalian ingin gunakan untuk menyeduh kopi.

Alat wajib sepertinya Grinder, karena menyajikan kopi yang nikmat di rumah, bermula dari penyimpanan biji kopi. Pastikan menggiling biji kopi sesaat sebelum menyeduhnya, itu membantu ekstraksi rasa lebih optimal.

Pertimbangkan juga apa perlu grinder elektrik atau cukup dengan grinder manual. Kalau kalian sering membuat kopi dan tidak suka berlama-lama atau suka yang praktis grinder elektrik cocok untuk meja bar kopi kalian.

Mesin Espresso atau peralatan manual brew, peralatan kopi ini juga penting untuk dipertimbangkan agar menyesuaikan luas dari meja bar kopi di rumah. Kalian yang hanya ingin punya peralatan manual brew mungkin tidak perlu ruang meja bar yang luas.

Siapa pun bisa memiliki meja bar kopi di rumah, bahkan tren penyeduh kopi rumahan bisa meningkatkan banyak penikmat kopi untuk menciptakan meja bar kopinya sendiri. Setelah lihat tips buat bar kopi sendiri di atas, jadi ingin merencanakan punya bar kopi kan?

Kata Siapa Buat Bar Kopi di Rumah Ribet? Ini Tips Simple-nya
Kata Siapa Buat Bar Kopi di Rumah Ribet? Ini Tips Simple-nya
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0