5 Jenis Kopi Hitam Paling Terkenal di Dunia!

Kopi saat ini sudah jadi bagian dari gaya hidup hampir semua orang, kedai kopi sudah menjamur. Tapi Kalian tahu nggak jenis kopi hitam paling terkenal di dunia?

Jika mendengar kata “kopi” pasti yang terlintas dibenak kita adalah hitam pekat dan beraroma. Minum kopi seperti pembangkit semangat dan konsentrasi sebelum memulai aktivitas bagi para pecinta kopi.

Tidak hanya di kedai, tapi kopi hitam juga bisa dinikmati di rumah, warung kopi ataupun cafe. Tapi tahukan kalian jika kopi hitam yang diminum itu tidak semuanya sama? Lalu apa perbedaannya?

Perbedaan terjadi akibat racikan kopinya yang melewati proses berbeda dan menghasilkan karakter rasa yang berbeda pula.

Agar kalian tak salah pilih menu kopi saat berada di café atau kedai kopi kekinian lainnya ada beberapa perbedaan Black coffee.

  • Product
  • Specification
  • Photos
Kopi Jantan adalah kopi yanga secara geometri beda dengan kopi bisa, bentuk bulat, karena dalam buah bijinya hanya satu. sehingga punya citarasa yang ...
Kopi
Altitute 1001-2000
Isi 200g
Ukuran Gilingan Coarse, Fine, Hole Bean
Specification
Packaging Alumunium Foil
Dimensions
Weight 0.220 kg

Perbedaan dari racikan kopi hitam atau black coffee secara signifikan terbagi jadi 3, yaitu kopi hitam dengan ampas rasanya sedikit berminyak, kopi hitam ekstraksi yang rasanya tebal dengan krema dan kepahitan yang kuat.

Terakhir, kopi hitam filter dengan citarasa slow, soft dan terkesan syrupy tanpa ampas kopi. Di setiap penjuru dunia punya cara seduh kopinya masing-masing, tapi ada 5 yang terkenal saja.

Apa saja jenis kopi hitam paling terkenal di dunia?

Espresso

Kopi hitam ini hanya disajikan sebanyak 30-40ml dengan rasa yang tebal, krema di atasnya (seperti busa minyak) dan kafein yang cukup kuat.

Baca Juga: Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi, Jangan Salah!

Dihasilkan dari ekstraksi air panas melalui kopi bertekanan tinggi. Memang terlihat sangat sedikit karena hanya sekitaran 40ml, tapi berdampak keras pada fisik kamu.

Jika kalian belum terbiasa untuk meneguk kopi ini, katanya bisa menyebabkan pusing. Jadi jangan coba-coba meminta tambah karena kurang banyak jika belum terbiasa.

Saat memesan biasanya akan ditawari ingin single shoot atau double shoot. Espresso ini disebut juga biangnya minuman kopi yang selanjutnya akan jadi mochacino, capuccino, coffee latte dan beragam minuman kopi campuran lainnya.

Americano

Kopi hitam selanjutnya masih seperti espresso yang dihasilkan lewat ekstraksi keras sebanyak 14bar. Tapi untuk menu satu ini lebih ringan karena hasil kopi espresso ditambahkan lagi 1/8 air panas oleh barista.

Maka rasa kopinya lebih ringan, lebih banyak dan tak mengurangi ketebalan seduhan kopi tersebut. Untuk minuman ini dahulunya untuk orang yang ingin menikmati kopi espresso tapi minta agak dicairkan.

Coffee Press

Kopi jenis ini seperti seduhan kopi biasa, yaitu bubuk kopi yang disiram air panas dan diaduk. Bedanya setelah beberapa menit kopi tersebut dipress agar bubuknya tereliminasi, sehingga kita bisa menikmati kopi tanpa ampas.

Baca Juga: Nagaya, Warung Kopi Lintas Generasi di Donggala, Sulawesi Tengah

Seduhan kopinya pun masih terasa tebal, tapi kopi ini tanpa krema yang banyak seperti espresso. Kopi jenis ini punya rasa yang lebih kompleks dan takarannya cukup, kalian tidak akan merasa kekurangan minum kopi ini.

V60 Coffee

Selanjutnya ini kopi hitam yang diseduh menggunakan cara filtering. Dikenal dengan metode seduh pour over. Sebagian cafe juga memberi nama pour over coffee, karena selain dengan alat kopi v60 juga ada seperti chemex, flat drip dan lainnya.

Untuk karakter seduhan dan rasanya sangat jauh berbeda dari yang sebelumnya. Kopi cukup cair atau encer, tapi jangan khawatir karena barista profesional menyajikannya dengan rasa kompleks.

Jadi kalian tidak akan kehilangan rasa kecuali pahit, seperti keasaman, aroma, kaya rasa dan seruput yang nikmat tentunya.

Kopi tubruk

Jenis kopi hitam paling terkenal di dunia yang terakhir ini khas dari Indonesia, dengan seduhan sederhana hanya menggunakan air panas, tanpa disaring, tanpa ditekan apalagi dipukul-pukul.

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Legendaris di Sumatera Utara, Coba Deh!

Kopi tubruk ini memiliki kenikmatan tersendiri, yaitu ada pada ketebalan seduhan dan aroma yang kuat. Seperti perpaduan antara espresso dan kopi press, yang menghasilkan kopi hitam tubruk dengan krema (minyak kopi) jika diseduh dengan baik.

Coffeetimes

Sample content

Kopi ini pun punya rasa dan tekstur yang jujur, dengan bubuk yang sedikit kasar tanpa gula akan terasa baik. Kopi yang baik tidak akan merasakan aroma atau rasa asing di seduhannya.

Itulah beberapa jenis kopi hitam paling terkenal di dunia agar kalian tidak salah memilih kopi hitam atau marah-marah ketika tak sesuai selera!

Jangan Keliru! Kenali 3 Macam Proses Pengolahan Biji Kopi

Apa yang membuat aroma dan rasa secangkir kopi begitu istimewa? Dibalik harumnya aroma secangkir kopi, ada sebuah ...

GET THE BEST APPS IN YOUR INBOX

Don't worry we don't spam

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0