Dialog Agribisnis: Ekspor Kopi Transaksi Produk Tertinggi!

SaveSavedRemoved 1

Masa pandemi adalah masa tersulit bagi para pelaku usaha, tidak terkecuali mereka yang ada di sektor Agribisnis dan Agroindustri. Tapi ekspor kopi bisa jadi salah satu jalan membangun kembali ekonomi negeri!

Dalam Dialog Agribisnis series 4 dengan tema “Potensi Serta Peluang Agribisnis dan Agroindustri Meningkatkan Ekspor Indonesia” Selasa, (6/4) banyak hal tentang potensi ekspor yang bisa dilakukan para pelaku usaha di bidang agribisnis dan agroindustri.

Ekspor kopi dan komoditas lain punya peluang!

Pada kesempatan webinar online tersebut hadir Prof. Dr.Ir.Fadel Muhammad Al-Haddar, Ketua Umum MAI, Kasan Muhri, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Dr.Ir.Prihasto Setyanto, M.Sc , Direktur Jenderal Hortikultura, Ir. Anung Riyanto, M.Sc , Pengurus DPD MAI Sumatera Selatan, Dr.Ir.H.R.Bambang Pramono, M.Si , Pengurus DPD MAI Sumatera Selatan, Dr.Ir. Delima Ashari, dan sejumlah Duta Besar.

“Ekonomi Indonesia saat ini tidak dalam keadaan baik, namun data dari BPS menunjukkan pertumbuhan pertanian itu masih positif 2,59% ini menunjukkan sektor pertanian ini kuat dan tanaman pangan mengalami pertumbuhan 10,4%,” ungkap Ketua Umum MAI, Fadel Muhammad Al-Haddar

Hasil tersebut menggembirakan, karena dari sektor pertanian terus mampu menghadapi pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya.

Berbagai komoditas di Indonesia punya peluang yang besar untuk ekspor, karena Indonesia tidak lagi bicara soal impor, tapi harus melakukan ekspor.

“Masyarakat agroindustri itu harus berbicara ekspor, bukan lagi bicara impor. Maka pola pikir kita harus menggenjot usaha komoditas kita baik dari jagung, beras, buah, kopi, buah-buahan harus di dorong untuk di ekspor,” tambahnya

Tantangan dan permasalahan akan selalu ada, tapi pelaku agribisnis punya kemampuan untuk menatanya agar bisa melewati tantangan dan permasalahan tersebut.

“Dengan mengekspor produk hasil bumi kita, maka petani juga ikut semangat dan semangat itulah yang harus dibangun.” tutupnya

Kopi jadi salah satu produk dengan transaksi ekspor tertinggi!

Hal itu sejalan dengan pemaparan Kasan Muhri, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional yang optimis dengan hasil ekspor Indonesia di awal tahun 2021.

“Selain prospek yang ada tahun ini, pada dua bulan pertama tahun ini kinerja ekspor kita sudah memperlihatkan catatan yang cukup membanggakan secara value, hingga ekspor bisa naik hingga 10%.” Kata Kasan

Pasar besar yang dimiliki Indonesia adalah Cina, dan kesempatan tersebut yang bisa dikerjakan. Potensi pasar Cina memang sangat besar, karena Cina bisa impor dalam satu tahun mencapai 1,6 triliun dollar atau 1.600 miliar dollar.

“Jika Indonesia bisa mendapat pasar Cina 1% saja, maka itu sudah mendapat sekitar 16 miliar dollar, kalau 2% berarti mendapat 32 miliar dollar, itu kenaikan yang sangat signifikan dan pasar ekspor lainnya adalah Amerika, Jepang, India dan Malaysia.” tambahnya

Untuk produk unggulan ekspor agribisnis Indonesia ada 5 jenis yang terbesar, pertama lemak dan minyak hewani, lalu karet dan ketiga adalah kopi, teh, mate, berturut-turut kedua terakhir ada biji coklat serta biji dan buah-buahan berminyak.

Khusus kopi memang seperti yang sudah banyak diketahui, Indonesia berada di urutan ke-9, dan masih kalah dengan India, Vietnam serta Brazil yang ada di posisi pertama untuk urusan ekspor kopi.

Sebagau bentuk pengembangan jangkauan, maka perlu dilakukan perluasan pasar non-tradisional dan memanfaatkan peran UKM yang saat ini masih memiliki kontribusi ekspor hanya 13%, dan perlu untuk didorong perkembangannya.

Sebagai bentuk promosi juga, akan ada Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 yang bisa jadi usaha Indonesia memperluas jangkauan koneksi pasar, dan menjadikan Indonesia lebih banyak melakukan ekspor dengan salah satu produk transaksi tertinggi adalah kopi.

“Disaat pandemi seperti ini memang kita perlu menjadikan ekspor sebagai tulang punggung dari perekonomian nasional.” ungkap Kasan

Dialog Agribisnis: Ekspor Kopi Transaksi Produk Tertinggi!
Dialog Agribisnis: Ekspor Kopi Transaksi Produk Tertinggi!
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0