Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020: Virtual Cupping SCAI

SaveSavedRemoved 0

Dalam rangkaian acara pameran Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020, SCAI turut ambil bagian pada acara Virtual Cupping SCAI bersama Syafrudin selaku ketua SCAI dan Tuti H Mochtar sebagai anggota Dewan Pembina SCAI, Jumat, (11/12).

Pada acara cupping virtual tersebut diikuti pula oleh Q-grader SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) seperti Michael Utama, Jane Sugianto, Rico Damona dan Andika Ajie S. Peserta yang ikut berpartisipasi dalam Virtual Cupping SCAI pun antusias, ada sekitar 30 lebih partisipan.

Mungkin bagi SCAI dan House of Coffee Barista ID mengadakan cupping virtual ini bukan jadi yang pertama, karena mereka sudah melakukannya hampir setiap bulan.

Credit Image: Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020

Seperti biasa, mereka menggunakan beberapa sample kopi dengan takaran 11 Gram dan perbandingan 1:18 untuk proses cupping kali ini.

Nantinya setelah berjalan 10 menit dari awal penyeduhan, panelis atau cupper akan mengevaluasi acidity, body dan balance kopi. Lalu, setelah 15 menit dari awal penyeduhan panelis atau cupper mengevaluasi sweetness, uniformity, clean cup dan overall.

Semua review tersebut mereka tulis dalam form dan kemudian akan direview atau dikupas tuntas pada webinar selanjutnya pada hari Minggu, 13 Desember 2020 pukul 10.00 WIB – 11.00 WIB.

Kegiatan virtual cupping SCAI tersebut kemudian ditutup oleh Syafrudin selaku Ketua SCAI yang berharap dengan kegiatan virtual cupping ini bisa jadi ajang promosi di indurstri perkopian Indonesia.

Selain itu juga memberikan sapaan penutup dari Kiki Purbosari, Coffee and PES Programme Manager – Rikolto Indonesia.

“Pandemi ini ternyata juga melahirkan inovasi seperti virtual cupping, jadi kita tetap bisa berkolaborasi untuk semakin mendukung petani kopi Indonesia.” Ungkap Kiki

Dengan kegiatan ini pula Kiki menyampaikan bahwa semua pecinta kopi jadi bisa tetap mencicip kopi-kopi yang berkualitas, dari teman-teman petani, serta membantu untuk mempromosikan juga mengedukasi soal kopi specialty.

“Saya berharap acara ini bisa juga ikut memperkuat para petani serta mendukung rantai keberlangsungan para petani kopi di Indonesia.” pungkasnya

Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020: Virtual Cupping SCAI
Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020: Virtual Cupping SCAI
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0