Coffee Talk SCAI: Cerita Para Juara Coffee Championship

SaveSavedRemoved 0

Setelah review hasil cupping virtual, sesi selanjutnya dalam coffee talk SCAI adalah mendengar cerita para juara runner up untuk kategori Cup Tester dan Barista, Minggu, (13/12).

Yessylin yang merupakan Roastery Manager of Common Grounds Coffee Roaster dan 1st Runner up Indonesia Cup Tester Championship ICE 2019.

Credit Image: Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020

Wanita muda satu ini tertarik dengan kopi sejak kecil, berawal dari hobinya yang suka minum kopi, akhirnya Yessylin lebih mendalami dunia kopi.

“Aku emang suka kopi, mau itu pahit atau apapun rasanya. Tapi setelah itu aku mencoba kenal lebih jauh dengan kopi, dan ternyata menarik.” ungkap Yessylin

Dengan begitu Yessylin memulai karirnya di dunia perkopian menjadi karyawan magang sambil dirinya berkuliah. Kejuaraan pertamanya saat itu tahun 2015 untuk mencari perwakilan dari Indonesia yang akan di kirim ke Shanghai.

Tapi saat itu Yessy belum beruntung jadi pemenang, sejak itu dirinya ketagihan dan membuat dirinya berjuang dengan tetap magang di coffee shop, sambil menyelesaikan skripsi sekaligus ikut kompetisi.

“Saat di Common Ground ini pun aku berpikir kalau kopi itu bukan sekedar jadi barista atau serving ke pelanggan aja, tapi juga harus tahu sebelum kopi sampai meja pembeli itu seperti apa, jadi aku pelajari dari hulu hingga hilir siapa saja yang terlebit dalam sebuah kopi.” Tuturnya

Selain itu Yessylin juga berpendapat bahwa orang yang berkecimpung di dunia perkopian ini bukan sekedar lebih suka menjadi apa, tapi justru mereka yang profesional akan mencari tantangan baru yang lebih seru, karena dirinya pun bukan tipe orang yang duduk tenang di zona nyamannya saja.

Hal itu di dorong juga dengan sifat industri kopi yang saling bersinergi dari hulu hingga hilir, tidak bisa terpisahkan mulai dari petani, processor, roastery hingga buyer, barista dan tentunya konsumen.

Credit Image: Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020

Sejalan dengan Yesslin, Arief Rachman yang merupakan Runner up Indonesia Barista Championship 2020 dan Founder Visma Coffee juga berpendapat bahwa berani mengeksplor tentang kopi lebih jauh merupakan tantangan yang harus dihadapi.

“Sebagai pengiat kopi juga perlu update tentang perkembangan terbaru kopi di tahun ini, salah satu caranya saya ikut kompetisi terus, seperti di tahun ini.” Kata Arief

Untuk memulai bisnis kopinya sendiri Arief memulai antara tahun 2009 -2010. Berawal menjadi pelayan biasa, kemudian mendapat kesempatan mencoba jadi barista, mulai saat itulah Arief lebih menekuni dunia kopi.

“Saya ingin menghidupi banyak orang, bisa keliling Indonesia dan dunia dari kopi. Itu yang jadi impian saya saat terjun di dunia kopi.” Tambahnya

Saat ini Yessylin dan Arief tidak hanya sebagai juara tapi juga menjadi profesional di bidang kopi pada usia muda.

Coffee Talk SCAI: Cerita Para Juara Coffee Championship
Coffee Talk SCAI: Cerita Para Juara Coffee Championship
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0