Punya Kopi Dark Roast? Ini Cara Seduh yang Tepat

SaveSavedRemoved 0

Banyak pecinta kopi menganggap biji kopi yang disangrai gosong (dark roast) tidak dapat diseduh, padahal ada cara seduh kopi dark roast yang pas!

Kenapa banyak yang menilai dark roast tidak bisa diseduh? karena kopi dark roast dianggap tidak punya lagi karakter rasa yang tertinggal.

Biasanya kalian para calon roaster akan mempelajari sendiri dengan menyangrai biji kopi sendiri di rumah, tapi kalian membuat biji kopi tersangrai pada tingkatan dark roast.

Bisa juga kalian dihadiahkan biji kopi dark roast oleh teman roaster, padahal kalian suka sajian seduh kopi manual. Maka tidak perlu khawatir, ada sedikit tips untuk menyeduh kopi dark roast yang tepat untuk kalian.

Memang secara umum pecinta kopi lebih memilih kopi yang disangrai medium, karena lebih optimal saat diseduh manual. Biji kopi dark roast disangrai pada level gelap untuk mendapat kesan body yang kuat dan biasanya disajikan untuk kopi susu atau menciptakan biji kopi campuran.

Tapi bukan berarti biji kopi dark roast tidak bisa kalian seduh manual dengan hasil yang nikmat. Ada cara tertentu yang bisa kalian ikuti.

Credit Image: homegrounds.co

Sebelum tahu cara seduh kopi dark roast, tahu dulu apa itu dark roast!

Jika dijelaskan dengan sederhana, kalian bisa melihat tingkatan sangrai (roasting profile) dari perbedaan warna nya, secara teknis untuk menciptakan level sangrai, roaster akan pertimbangkan waktu serta suhu panas juga suara retakan (seperti kulit kacang dibuka).

Untuk light roast punya warna coklat tua, medium roast berwarna coklat cenderung gelap dan dark roast cenderung lebih gelap lagi.

Biji kopi pada tingkat sangrai dark roast dipanggang dalam mesin roasting dalam jangka waktu yang lebih lama dan atau pada suhu lebih tinggi. Dengan waktu panggang yang lebih lama, maka tingkat kelembapan pun hampir hilang, bahkan untuk beberapa situasi kafein yang terkandung tidak terlalu banyak dibanding level sangrai lain.

Jika seperti itu apa ada cara menyeduh kopi dark roast yang tepat? Maka perhatikan tipsnya di bawah ini menurut thecoffeecompass.com;

Ukuran gilingan bubuk kopi

Setiap gilingan pada seduhan kopi manual akan memberikan perbedaan ekstraksi. Mungkin jika kalian seduh kopi pada rasio yang sama, kopi dark roast dengan kopi light atau medium akan terlihat jelas perbedaannya.

Maka kalian perlu mencari tingkat gilingan seperti apa yang mampu memaksimalkan ekstraksi dari kopi dark roast hingga bisa menghasilkan seduhan yang nikmat.

Credit Image: roastycoffee.com

Suhu air tidak terlalu panas

Suhu air rekomendasi SCA (Specialty Coffee Association) pada 90 – 96 Celcius, untuk menyeduh kopi dengan tingkat sangrai light dan medium. Maka konsepnya, suhu air seduhan di tingkat 96 Celcius pada kopi medium atau light roast akan mempercepat ekstraksi senyawa rasa yang penuh kompleksitas.

Jadi saat menyeduh kopi dark roast, dengan suhu air 91 Celcius cukup untuk mengambil karakter rasa yang masih tertinggal. Tapi, sebaiknya jika kalian lakukan eksplorasi disetiap rentang suhu air seduhan yang digunakan.

Waktu seduh yang lebih cepat

Nah, semakin lama air seduhan menyelami bubuk kopi dark roast, maka akan semakin kuat rasa yang terkandung ikut terekstraksi.

Berbeda saat kalian menggunakan light/medium roast, waktu seduh lama dengan rasio yang tepat akan memaksimalkan potensi karakter rasa yang ringat dan manis.

Maka sebaiknya hindarilah menyeduh kopi dark roast dalam jangka waktu seduh yang lama, lebih dari 3 menit mungkin bisa menghasilkan kesan bitter pada kopi yang tercipta.

Untuk memanipulasinya, kalian bisa sesuaikan ukuran gilingan, suhu air atau kemampuan seduh kopi manual kalian.

Pada akhirnya akan jauh lebih baik kalian melakukan eksplorasi tiada henti dengan pedoman saran di atas untuk memudahkan. Jadi pernahkah kalian menyeduh kopi dengan cara seduh kopi dark roast tersebut?

Punya Kopi Dark Roast? Ini Cara Seduh yang Tepat
Punya Kopi Dark Roast? Ini Cara Seduh yang Tepat
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0