Pilih Timbangan Kopi Digital Sulit? Coba Cara ini Deh

SaveSavedRemoved 0

Mungkin perlengkapan satu ini kerap disepelekan dalam proses pembuatan kopi, padahal timbangan digital jadi hal penting untuk membuat kopi punya cita rasa yang pas. Lalu bagaimana cara pilih timbangan kopi digital yang tepat?

Timbangan digital memang sangat umum dikenal sebagai coffee scale tapi keberadaannya kerap terlewatkan, padahal timbangan jadi hal penting untuk pecinta kopi agar sajian kopi terasa nikmat secara konsisten.

Mungkin kalian bisa mengandalkan intuisi untuk bisa menghasilkan sajian kopi manual yang nikmat, tapi itu tidak akan bertahan selamanya.

Tanpa timbangan digital, proses seduh kopi kalian akan berubah-ubah alias tidak konsisten, jadi jangan heran jika sajian kopi kalian selanjutnya tidak senikmat sebelumnya.

Kopi manual tidak sekedar hubungan antara rasio kopi dan air seduhan, ada juga proses ekstraksi di sana yang perlu diperhatikan. Menjaga proses ekstraksi agar konsisten rahasianya adalah dengan timbangan digital yang sesuai.

Pertanyaannya kenapa harus memilih timbangan digital yang tepat? Karena ada beberapa hal penting yang bisa didapatkan saat menggunakan timbangan digital dalam proses seduh kopi;

Credit Image: homegrounds.co

Akurasi Seduh. Mendapatkan hasil sajian kopi nikmat berawal dari perbandingan rasio kopi dan air seduhan yang tepat. Dengan menggunakan timbangan digital maka kalian bisa mendapat ketepatan akurasi terhadap jumlah bubuk kopi dan air seduhan.

Konsistensi Sajian. Dengan memanfaatkan timbangan digital, kalian bisa menyajikan kopi dengan karakter rasa yang sama dan jumlah seduhan yang sama kapan pun.

Mengurangi Bubuk Kopi Berlebih. Salah satu hal yang dihindari adalah pemborosan, dengan timbangan kalian bisa mengukur secara pasti jumlah bubuk kopi yang diperlukan, tidak berlebih atau kekurangan saat digiling.

Membantu Eksperimen Seduh. Bagi pecinta kopi, mempelajari bagaimana ekstraksi kopi di tiap detik dan tiap mililiternya sangat penting, dengan menggunakan timbangan digital maka bisa membantu menganalisa dan mengkoreksi kesalahan seduh.

Perbedaan pada fitur timbangan digital yang ditawarkan mampu memiliki manfaat yang berbeda. Setidaknya ada beberapa tips untuk membantu kalian mencari timbangan digital yang tepat.

Cara pilih timbangan kopi digital

Ukuran permukaan timbangan digital

Timbangan digital punya kaitan dengan fungsi penggunaannya, semakin besar alat kopi maka harus disesuaikan timbangan digital yang digunakan.

Menjadi hal penting bagi kalian untuk memastikan seberapa luas ukuran timbangan yang sesuai dengan peralatan kopi kalian sebelum memilihnya.

Akurasi dari timbangan pun perlu dipikirkan sebelum memilih timbangan digital, berapa berat yang mampu ditimbang serta berapa batas atas bawah dari timbangan. Umumnya barista memilih timbangan dengan minimal menampilkan 1 gram pada layar timbangan.

Daya tahan baterai

Bagi kalian pemilik kedai kopi, penggunaan timbangan harus sesuai keperluan dari kedai kopi kalian. Maka daya tahan beterai timbangan digital juga harus diperhatikan, untuk membuat sajian kopi yang intens diperlukan daya tahan baterai yang baik.

Credit Image: motifcoffee.com

Desain timbangan digital

Memilih timbangan sesuai dengan desainnya juga perlu, untuk melengkapi konsep bar sebuah kedai kopi misalnya, dengan desain timbangan digital yang punya warna atau bentuk tertentu bisa melengkapi tampilan kedai kopi kalian

Fitur lainnya

Terakhir sebelum memilih timbangan kopi digital, perhatikan fitur apa saja dari timbangan yang akan kalian perlukan, apakah timbangan perlu dilengkapi fitur hitungan waktu atau fitur mati otomatis.

Beberapa tipe timbangan digital punya fitur untuk memudahkan proses seduh kopi, maka pertimbangkan fitur yang sesuai sebelum akhirnya memilih timbangan digital tersebut.

Jadi, setelah kalian tahu cara pilih timbangan kopi digital di atas, ada timbangan digital yang jadi favorit kalian untuk menyeduh kopi?

Pilih Timbangan Kopi Digital Sulit? Coba Cara ini Deh
Pilih Timbangan Kopi Digital Sulit? Coba Cara ini Deh
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0