Punya Luka Gores? Bubuk Kopi Bisa Jadi Obat Loh

SaveSavedRemoved 0

Jika biasanya luka gores diobati menggunakan betadine, ternyata luka di kulit bisa diobati dengan bubuk kopi. Mau tahu cara obati luka gores dengan bubuk kopi?

Luka gores di kulit sudah jadi hal yang biasa terjadi, goresan dan luka tersebut terkadang meninggalkan bekas yang menyebalkan di permukaan kulit. Tapi ternyata selain betadine, bubuk kopi bisa digunakan untuk menyembuhkan luka di kulit.

Mau tahu cara obati luka gores dengan bubuk kopi?

Kopi nyatanya mengandung begitu banyak zat baik yang dapat digunakan untuk proses penyembuhan kulit yang terluka. Salah satu zatnya adalah kandungan antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan.

Kandungan tersebut membantu menyembuhkan luka secara signifikan. Tak hanya itu, kopi juga mengandung senyawa fenolat yang terdapat dua jenis asam di dalamnya yaitu asam p-koumarat dan asam kafeat yang mampu menyembuhkan luka.

Mudah cara mengobati luka dengan bubuk kopi ini, pengaplikasiannya pun sederhana. Pertama kalian harus membersihkan luka dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk yang bersih.

Credit Image: lorealparisusa.com

Setelah itu, kalian ambil bubuk kopi, ingat bubuk kopi yang belum diseduh bukan ampas kopinya. Lalu, kalian tutup luka tersebut dengan kain kasa.

Biasanya proses penyembuhan luka tanpa kopi memakan waktu yang cukup lama, sementara penyembuhan dengan kopi membuat prosesnya lebih singkat.

Jika lukanya ringan dan tidak dalam, mungkin memakan waktu 3–4 hari proses pemulihannya. Selain itu juga kopi bisa meredakan nyeri sehingga kalian tidak terlalu tersiksa akibat luka yang pada kulit yang memang terasa perih.

Jadi saat kalian mengalami luka ringan yang menimbulkan nyeri, dan tidak memiliki betadine, kalian bisa gunakan kopi untuk mengobatinya. Kandungan senyawa pada kopi membantu mempercepat kerja jaringan dan membuat luka lebih cepat sembuh.

Sangat mudah bukan cara obati luka gores dengan bubuk kopi di atas? Semoga lekas sembuh!

Punya Luka Gores? Bubuk Kopi Bisa Jadi Obat Loh
Punya Luka Gores? Bubuk Kopi Bisa Jadi Obat Loh
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0