Apa Itu Resi Gudang? Mengenal Solusi Harga Kopi yang Turun

SaveSavedRemoved 0

Sebelumnya diketahui jika resi gudang merupakan solusi terbaik saat pandemi Covid-19 seperti saat ini untuk komoditi kopi. Tapi apa itu resi gudang sebenarnya?

Melansir dari bappebti.go.id dan supplychainindonesia.com diperoleh informasi Sistem Resi Gudang (SRG) di Indonesia berlaku pertama kali setelah ditetapkannya UU No. 9 tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang yang diubah dengan UU no. 9 tahun 2011.

Apa itu resi gudang yang bisa jadi solusi?

Awalnya SRG meliputi 8 jenis komoditi yakni gabah, beras, kopi, kakao, lada, karet, rumput laut dan jagung. Kini komoditi resi gudang semakin berkembang, dan SRG adalah instrumen perdagangan maupun keuangan yang memungkinkan komoditi yang disimpan untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan tanpa diperlukannya jaminan lain.

Jaminan yang diagunkan cukup berupa komoditi yang disimpan dalam gudang SRG. Cara ini bisa menolong petani yang umumnya tak memiliki jaminan atau kolateral untuk dapat memperoleh kredit dari bank.

Tetapi, komoditi yang disimpan pun perlu memenuhi standar kualitas tertentu, jadi nilai komoditi tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

Lembaga yang memberi penilaian pun lembaga yang kompeten dan terakreditasi. Peraturan Menteri Perdagangan mempertimbangkan sejumlah persyaratan Resi Gudang,yaitu memiliki daya simpan paling sedikit 3 (tiga) bulan, memenuhi standar mutu tertentu, jumlah minimum barang yang disimpan.

Sampai saat ini, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/11/2011 tentang barang yang dapat disimpan di gudang dalam Penyelenggaraan Sistem Resi Gudang, berjumlah 17 jenis, antara lain gabah, beras, jagung, kopi, kakao, lada, karet, rumput laut, rotan, garam, gambir, teh, kopra, timah, bawang merah, ikan, dan pala.

Kopi Arabika IjenDengan kondisi penurunan harga komoditi kopi maka memberi peluang untuk menyediakan sistem resi gudang yang bisa mengatasi persoalan ketersediaan komoditas, fluktuasi harga, sekaligus sebagai alternatif sumber pendanaan bagi para petani.

Resi gudang (warehouse receipt) merupakan dokumen bukti kepemilikan barang yang disimpan dalam gudang terdaftar secara khusus yang diterbitkan oleh pengelola gudang itu.

Resi gudang ini bisa digunakan sebagai agunan, karena resi tersebut dijamin oleh komoditas tertentu yang ada dalam pengawasan gudang terakreditasi.

Besarnya kredit yang diperoleh dari resi gudang sebagai agunan adalah 70 persen dari nilai komoditas yang tersimpan dalam gudang dengan suku bunga sekitar 6 persen per tahunnya.

Apa Itu Resi Gudang? Mengenal Solusi Harga Kopi yang Turun
Apa Itu Resi Gudang? Mengenal Solusi Harga Kopi yang Turun
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Register New Account
Name (wajib)
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0