8 Alat Pembuat Kopi Manual yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana

0

Budaya ngopi yang kian menjamur membuat para penikmat kopi memperhatikan kualitas kopinya. Tidak hanya jenis kopi, namun metode dan alat pembuat kopi pun turut jadi perbincangan.

Tak dipungkiri, bisnis kopi semakin dilirik masyarakat karena dinilai menjadi peluang besar yang sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu ingin membuka sebuah kedai kopi, pastikan kamu harus menentukan konsep dari kedai kopi itu sendiri. Konsep ini lah yang akan menjadi dasar untuk menentukan alat kopi apa saja yang akan kamu gunakan nantinya.

Berikut ini rekomendasi alat pembuat kopi manual yang dibutuhkan kedai kopi sederhana!

Grinder kopi

Grinder merupakan alat penggiling kopi. Grinder menjadi alat kopi yang wajib kamu punya pertama kali ketika ingin membuka kedai kopi.

Kamu bisa menyesuaikan dengan budget kedai kopi untuk membelinya. Untuk menghasilkan cita rasa yang baik, biji kopi perlu digiling sesaat sebelum diseduh.

Grinder tersedia dalam dua jenis, yaitu manual dan otomatis yang digunakan dengan bantuan listrik. Sementara Grinder manual membutuhkan tenaga tangan untuk memutar tuas penggiling.

Sebaiknya, pilihlah grinder yang hasil gilingannya cukup konsisten. Jika ditujukan untuk coffee shop, disarankan menggunakan grinder listrik supaya tidak kewalahan saat ramai pelanggan.

V60

V60 adalah alat penyeduh kopi yang menggunakan metode pour over, di mana sajian yang dihasilkan tetes demi tetes bubuk kopi yang diseduh perlahan.

Alat ini dibuat oleh perusahaan Hario di Tokyo, Jepang pada tahun 2004. Nama V60 sendiri dipilih karena bentuknya menyerupai huruf “v” dengan sudut 60°.

Bentuknya sederhana seperti cangkir namun berlubang di bagian bawah. Alat ini ada yang terbuat dari keramik, kaca, metal, plastik, hingga tembaga.

Scale atau timbangan

Scale atau timbangan juga menjadi alat penting yang harus kamu beli untuk melengkapi koleki alat kopi di kedai. Alat ini berguna untuk menakar atau menimbang berat bubuk kopi yang akan digunakan.

Rok Presso

Rok Presso adalah alat kopi manual yang dirancang khusus untuk menghasilkan espresso shot, yakni dasar minuman kopi latte maupun cappucino.

Alat ini menggunakan tekanan tinggi untuk mengekstrak kopi secara manual. Caranya, dengan menekan kedua tuas yang terdapat pada alat ini.

GET THE BEST APPS IN YOUR INBOX

Don't worry we don't spam

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Coffeetimes.id
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0